Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog


Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog

kecepatan loading suatu blog merupakan aspek penting yang perlu anda perhatikan.

dengan loading blog yang cepat para pengunjung akan lebih cepat melihat konten dari artikel blog tersebut sehingga para pengunjung akan merasa lebih puas dan menyukai blog tersebut.

namun sebaliknya jika loading blog anda lambat  maka para calon pengunjung blog anda lebih memilih untuk menutup blog anda dan mencari di blog lain yang lebih cepat daripada harus menunggu lama, untuk itulah kecepatan loading termasuk optimasi seo on page.

nah apa lagi setelah google menerapkan algoritma pigeon di mana dalam algoritma ini google menempatkan peringkat teratas terhadap blog blog yang memiliki kualitas seo on page maupun off page, sehingga dengan cepatnya loading blog kita skor seo on page kita akan bertambah dan akan lebih mudah untuk menduduki peringkat teratas di hasil penelusuran.

jika anda ingin mengetes seberapa cepat loading blog anda, silahkan simak tutorial berikut ini

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog


1. Google Pagespeed



Google Pagespeed


Google pagespeed adalah tools buatan dari google yang berguna untuk mengukur kecepatan sebuah website, dengan google pagespeed kita  dapat mengtahui skor kecepatan website versi desktop dan juga mobile.

selain itu dengan website ini google akan memberi tau kepada kita mengapa blog kita sangat lambat serta bagaimana cara untuk meningkatkannya.

jika anda ingin mencobanya silahkan kunjungi situs resminya langsung di PageSpeed Insights

Setelah itu letakkan url blog anda di tempat yang telah di sediakan kemudian klik analyze

Catatan :

perlu anda ketahui hasil score versi mobile terhadap blog anda akan berbeda jika anda menambahkan ?m=1 pada akhir url anda.

silahkan gunakan ?m=1 ( https://nama-blog.com/?m=1 ) untuk mengetahui score asli kecepatan blog anda untuk versi mobile, karna tanpa ?m=1 maka akan menghasilkan redirect sehingga score anda berkurang.

sebagai contoh lihat gambar di bawah

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog Menggunakan Google Pagespeed
Tanpa Menggunakan ?m=1

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog Menggunakan Google Pagespeed
Dengan Menggunakan ?m=1

2. GTMetrix


GTMetrix

GTMetrix merupakan salah satu website yang telah banyak di gunakan oleh para pengembang blog untuk mengetahui serta meningkatkan kecepatan loading blog.

Sesuai dengan tagline yang di miliki “Analyze your site’s speed and make it faster” , GTmetrix menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan sebuah web dan juga menganalisa website anda.

website ini menjabarkan secara detail parameter yang menjadi kunci penting kecepatan sebuah website, sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui parameter apa yang membuat website anda terasa sangat lambat. 

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog Menggunakan GTMetrix

GTmetrix juga memberikan tips dan solusi agar website memiliki kecepatan loading yang tinggi.

jika anda ingin mencobanya silahkan kunjungi websitenya langsung di gtmetrix.com

Penutup

itulah tadi artikel mengenai cara mengecek / mengetahui kecepatan loading suatu blog, jika anda memiliki blog dengan loading yang cukup lambat mungkin disebabkan oleh penggunaan javascript dan css yang berlebihan pada template anda.

dan jika ada yang ingin anda tanyakan seputar pembahasan di atas silahkan kirim pertanyaan anda melalui kolom komentar dibawah atau dengan mengirimnya pada halaman contact.

semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, akhir kata

see you next time and happy blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetahui Kecepatan Loading Suatu Blog"

Posting Komentar

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel